Returning for Blogging

"Saatnya membuat blog lagi...", ini yang melintas di pikiran saya setelah beberapa lama saya vakum untuk mengisi blog saya yang terdahulu, NO DEVICE FOUND, isinya kumpulan-kumpulan artikel tentang teknologi informasi, gadget dan komputer.

Lelah rasanya mengikuti perkembangan teknologi sekarang, sebagai contoh : 2 tahun lalu mungkin kita masih bisa menghitung berapa orang memakai ponsel 3G, tapi sekarang, di tahun 2009 ini, hampir tidak ada yang tidak memiliki ponsel 3G, bahkan ponsel CDMA seperti merk HUAWEI pun sudah berbasis teknologi 3G CDMA (1X).

Lucu memang, ternyata ponsel di Indonesia diibaratkan sebagai "trend" ketimbang sebagai alat komunikasi. Memang perbedaan sistem provider ponsel di Indonesia dengan di luar negeri bisa menjadi penyebabnya. Untuk diketahui, vendor seperti Vodafone dan AT&T, dalam menjual produknya mengikutkan ponsel di dalamnya dengan sistem kontrak, alhasil, usernya tidak membeli ponsel, tapi membeli produk provider sehingga mau tidak mau user harus berusaha mengoptimalkan fasilitas provider yang berujung pada arti komunikasi sesungguhnya. Berbeda di Indonesia justru malah terbalik, user diharuskan membeli ponselnya dahulu baru memilih provider, alhasil user malah hanya mengoptimalkan fungsi handsetnya saja ketimbang fasilitas provider.

Tapi ya sudahlah, toh adalah hak konsumen membeli apa pun yang diinginkan bukan?

0 komentar: