Surf Under The Radar


"Dunia Maya" atau internet, adalah sebuah dunia yang sangat luas jangkauannya. Adalah sebuah dunia yang bahkan boleh dikatakan "tidak tersentuh" secara fisik oleh manusia. Hanya bisa dilihat melalui layar monitor komputer, namun dampaknya bisa sampai ke dunia nyata.

Internet adalah dunia yang tidak pernah tidur. Internet terus ada 24/7 tanpa henti, ini mengakibatkan internet adalah tools yang sangat hebat dalam akses data dan komunikasi. Hal ini bagi orang-orang yang tidak bertanggung-jawab akan menjadi alat yang sempurna dalam menjalankan niatnya yang tidak baik.

Saat kita browsing / surfing ke sebuah situs internet, maka secara otomatis kita akan meninggalkan jejak / trace pada server berupa sebuah IP Address yang padanya terdapat data lokasi kita, nama Host, bahkan sistem operasi yang kita gunakan. Hal ini dimaksudkan agar server dapat mencatat / men-Log aktifitas kita saat browsing.

Hanya saja terkadang bagi orang-orang "pinter" namun tidak bertanggung-jawab ini, log yang berisi IP Address kita dapat ditelusuri, dan bahkan dapat di akses lewat proxy yang terbuka pada komputer kita. Alhasil mereka dapat mengakses data pribadi kita dan mendownloadnya.

Untuk itu penting juga bagi kita untuk selalu waspada, salah satunya yaitu dengan browsing / surfing dengan anonymous proxy.

Konsepnya sangat sederhana : IP Address kita -> Anonymous Proxy -> Situs.

Maka yang akan dicatat / di-Log oleh server situs adalah IP Address dari Anonymous Proxy tersebut.

Penggunaan dari Anonymous Proxy ini sangat mudah, salah satunya dengan menginstall Add-Ons SwitchProxy Tool pada browser Mozilla. Dari sini kita dapat mensetting proxy apa yang ingin kita gunakan untuk browsing / surfing internet. Anda dapat mendownload SwitchProxy Tool disini.

Setelah add-ons terinstall, yang selanjutnya dapat kita lakukan adalah mencari Proxy-List yang fresh dan aktif (dan juga Anonymous), anda dapat download proxy-list disini. (biasanya terdiri 15-20 proxy dalam format .txt)

Kemudian kita load pada browser yang sudah terinstall add-ons tersebut, dan atur waktu perubahan antara proxy1, proxy2, proxy3,...

Untuk melakukan pengecekan apakah sudah terinstall dengan baik, anda dapat mengunjungi situs ini, dan lihat informasi yang diberikan oleh situs tersebut, dan perhatikan.

Happy Surfing...

0 komentar: